Belajar Dari Keberhasilan "Fitur Group ...

Belajar Dari Keberhasilan "Fitur Group Facebook" Menjadi Platform Forum


Dulu,dulu banget yang gue tau,ada mailing list,ini platform diskusi
yahoo mail juaranya,meskipun google mail alias gmail juga mengikuti jejaknya untuk jadi diskusi via email
tapi,yang namanya produk unggulan itu nggak ada yang namanya tanpa saingan
mIRC,area diskusi di protocol IRC ini cukup jadi favorit
terutama yang suka diskusi tertutup,meskipun sebenarnya gak apple to apple
kalau di compare sama mailist,tapi pilihan diskusi orang di jaman itu di thn 2001
kalau nggak di IRC selalu di Mailist.

Awal 2004,platform forum cms vBulletin mulai banyak di pakai,otomatis website berbasis forum
mulai muncul,konsepnya tidak jauh dengan diskusi offline,ada moderasi,ada sticky dari peserta diskusi
sampai ada sanggah menyanggah dan lempar pertanyaan.

Di 2007 forum internet mulai ramai di Indonesia,pelopornya adalah forum.detik dan kaskus.us
dulu netizen Indonesia ada di sini,tukang kritik,tukang nyinyir,bigos A1,sampai forum porno
seperti bluefame,dunias*x juga menggunakan vBulletin
gak ketinggalan juga forum Underground IT indonesia,di awali yogyafree,jasakom,k-elektronik,echo
hadir dengan bermacam cms/engine forum selain yang saya sebut di atas.

Tampilan Forum Jasakom 2008

Ada yang phpbb,phpnuke dan yang terbaru adalah mybb
tapi dulu persaingan yang paling ketat adalah phpbb dan vBulletin
phpbb open source,yang vBulletin berbayar
netizen indonesia zaman old mulai terbiasa gibah diskusi online
tapi mereka hanya akan bisa menemukan area-area diskusi seperti itu antara lain :

  1. Dari lingkungan kerja/sekolah
  2. Lingkaran Pertemanan
  3. Emblem/Sticker Yang di Pakai orang saat wifi-an di public area
  4. Sticker Yang Nempel Di Angkot
  5. Search Engine
Point terakhir di tahun segitu,masih sulit bagi masyarakat kebanyakan
untuk bisa nemu area diskusi,kecuali orang-orang yang punya banyak waktu untuk sekedar berinternet ria
yap,biasanya operator warnet.

2008 pertengahan Friendster down,berminggu-minggu
artis-artis dari myspace dan friendster ramai-ramai hijrah ke facebook untuk profiling mereka
di tahun 2008,setidaknya menurut pengamatan gue,facebook sudah banyak di pakai di negeri +62 ini
untuk update status kalau lagi lapar dan jjs
di tahun yang sama,komunitas online,seperti kaskus dan detik juga masih exis
penggunaan mereka masih seimbang,meski begitu dalam waktu singkat facebook menguasai pasar Indonesia.

Di sini mesti kita pahami bahwa di tahun 2008 ada 'sosial media' untuk profiling
dan untuk area diskusi,yaitu kaskus dan detik tadi,masing-masing forum sampai memfasilitasi
membernya yang kopdar dan mengadakan aksi sosial
sosmed,dalam hal ini facebook? enggak...

Di tahun yang sama,muncul forumotion,ini semacam engine untuk build forum
jadi orang kalau mau punya forum nggak perlu lagi beli hosting+domain terpisah
lalu download cms forum untuk di install,lalu customize theme dan setting
cukup mendaftar,klik pilih theme,klik-klik-klik jadi
tapi masih menjadi subdomain misal : namaforum.forumotion.com
kalau mau pakai domain,tinggal beli package premium
engine? masih phpbb.



Facebook terus berinovasi,perlahan tapi pasti,menambahkan fitur-fitur yang nggak ada di friendster
agar lebih menjadi lebih real,sehingga dunia maya agak real salah satunya dengan
daftar keluarga,lalu notes/catatan yang tampak seperti blog.

Sampai seinget gue akhir 2010 facebook bikin subfitur platformnya udah jelas,FORUM Diskusi
group ini isinya rata-rata orang untuk mendiskusikan sesuatu yang sesuai namanya
gak jarang ada troller,ada kang dagang,ada kang curhat,atau yang suka porno-pornoan.

Di tahun yang sama,apa yang di lakukan platform-platform forum ?
hanya membuat terobosan berupa mobile friendly
nggak ada terobosan yang benar-benar 'ngena'
sementara hampir semua netizen mendamba kemudahan dari smartphone nya
seperti pamer,gibah,download lagu dan film bajakan,udah males buka laptop
kalau untuk sekedar hal-hal yang kurang penting,ga muna' karena gue juga begitu kwkwkwk.

Jaman berubah,tahun berganti,Facebook-nggak sungkan bekerja sama dengan provider-provider internet berbasis kartu sim/paket data
ada fitur gratisnya,ada paket data khusus facebook/bbm
dimana penduduk pelosok negeri ber-flower ini merasakan manfaat smartphone murah
dan keluasan jaringan signal provider sim card tadi.

Bagi warga Nusantara,hal itu udah lumrah,tapi bagi warga pelosok
ini sesuatu yang luar biasa.
Ingat tulisan saya di atas,untuk mengenal situs-situs berbasis forum
Netizen Indonesia jaman dulu harus pandai-pandai searching atau kenal dari si A si Bagi
Yap,berdasar pengamatan saya dan penjabaran saya

Kenapa di Zaman Sekarang Situs Berbasis Diskusi Menjadi Tergeser Akan Kehadiran Group Facebook?
Jawabannya adalah : Karena perluasan warga pelosok atas mengenalnya sosial media,dan salah satu fiturnya menghadirkan area diskusi.


Lalu,bagaimanakah dengan situs tanya-jawab seperti ask.fm quora dll?
website seperti ini sudah banyak beroperasi di masa-masa keemasan situs berbasis forum (2009-2012)
di awali stack overflow yang menjadi rujukan diskusi kalangan akademisi dan praktisi
yang bersifat tanya-jawab mencari solusi sebuah permasalahan.

Sangat berbeda dengan situs forum seperti phpbb,mybb,vBulletin dimana
banyak sekali membernya membuat artikel dan mendiskusikannya.

Kesimpulan :

Facebook,hingga kini terus berinovasi,dengan banyak mendengarkan permasalahan yang di keluhkan penggunanya
hampir semua aspek,namun kesemuanya tersistematis,dan terkelola sesuai dengan scope masing-masing
contoh: ada panel developer yang khusus berinteraksi dengan para programmer yang memanfaatkan facebook menjadi komersial
sampai,untuk akomodasi kepentingan kampanye politik :))

Platform forum,yang umumnya open source,banyak di isi oleh programmer-programmer hebat
yang memiliki dedikasi dan fokus akan tahap belajarnya mengembangkan kemampuannya
di tambah adanya sedikit fee untuk penghasilan tambahan mereka.

Sayangnya meskipun berbayar seperti vBulletin,platform forum kurang menyajikan
terobosan yang brilian,yang membuat penggunanya berkata 'wah ini keren banget'

Hingga kini,ada cara berpikir seorang Business Development untuk berpikir jauh kedepan
demi mengembangkan 'mesin uangnya' membuat asetnya terus di gunakan
dan akan selalu menjadi sesuatu yang di ingat penggunanya dari masa ke masa
Sederhana,yakni dengan berinteraksi dengan pengguna dan menjadi pengguna itu sendiri
sehingga memudahkan penilaian dari sudut pandang,keinginan pengguna itu tadi.

Nah,semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua,khususnya untuk anda
yang sedang belajar marketing dan pengembangan bisnis

Terima Kasih


Right menu
Tag Cloud