Armin
Armin
Full Stack Developer System Administrator SEO Specialist Content Writer
Armin

Blog

Percayalah Bray....

Percayalah Bray....

"di berita katanya lu sekali nge hack bisa minta jatah 5jutaan sama korban lu" Kata melky, dengan tatapan nanar pada jojon.
"ee enggak bbb bbaang,nggak ssseee ggii gii tuu kok" jawab jojon sambil ketakukan yang terpojok di hadapan melky sang penguasa blok rutan tempat jojon di tahan sambil menanti waktu sidang.

"YANG BENERR LU!!!" bentak melky yang makin menjadi sembari tangannya mengintimidasi jojon.
"bbeeb beebeeneeraan bbanng.." jojon semakin tak kuasa menahan geli karena terus tangan melky mengintimidasi dan menggerayangi tubuh jojon, konon di rutan tersebut apabila tahanan baru tak mampu membayar uang sewa bilik, sang itik,begitu sebutan tahanan baru harus rela menebusnya dengan menjadi pelayan nafsu bagi sang penguasa yang tak lagi mampu menahan birahi setelah bertahun-tahun tidak berjumpa dengan wanita.

waktu berlalu ketenaran melky menguap bersama awan yang silih berganti bersamaan terbit tenggelamnya matahari yang selalu ia amati di area rutan, hingga setelah sidang ke sekian kalinya ia jalani putusan hakim pun membuatnya jera akan perbuatannya 2 tahun belakangan.

Angan-angan menjadi praktisi IT Security setelah keluar dari lapas seperti para 1337 old school yang kini malah menjadi forensic dan investigator telematika tak terbukti seperti jargon yang sering ia dapat dari sesama anggota komunitasnya terdahulu.

Cerita di atas memang fiksi dari karangan penulis blog,namun hal yang sama bukan di alami oleh 1-2 orang saja, bukan ketidaksengajaan tapi faktual yang sesungguhnya, meretas website secara ilegal dengan menyelipkan pesan sosial,pencurian data,menjadi seorang bayaran,atau aksi vandal semata tidak akan membuatmu di kenang sepanjang masa layaknya kevin mitnick atau dani firmansyah a.k.a xnuxer dari sq injection nya di 2004 lalu menjadi sys admin server dan website indonesia.go.id

Di luar sana banyak perusahaan IT Security yang bekerja sebagai vendor aparatur pemerintahan,demikian halnya perguruan tinggi yang semakin marak memfokuskan pada jurusan technology informatika semakin concern terhadap cabang ilmu keamanan komunikasi.

hacking website memang menarik untuk di pelajari,namun jika hal itu di pelajari dari cara membangun dan mengembangkannya bukankah membuatmu mendapat nilai plus sebagai seorang developer?

cerita di atas,di mana jojon yang tidak mendapat job sebagai ahli keamanan internet untuk aparat namun masa hukuman yang panjang malah harus di jalani. tidak jarang terjadi pada hacker yang sudah-sudah tercyduk, kenapa? karena scope hacking mereka masih sebatas website, bukan seorang yng mampu menciptakan alat penyadap, bukan seorang yang mampu taking over core network sebuah instansi baik swasta maupun pemerintahan, karena jika hacker yang mampu melakukan hal tersebut, ia tak lagi menyerang sebuah website yang di jarahnya secara random melalui bot scan atau dork yang di share di forum hacking.

Penulis pernah mengerjakan sebuah project level medium di mana building infrastruktur network pada sebuah office tower yang integrated, di mana jaringan internet,cctv,pbx,ip tv, access control,alarm,sistem AC,fire fighting semua menggunakan hardware yang ip based artinya semua ter integrasi, what we do when we have settle done our project ?

seperti yang tertera di kontrak kerja, kami menyewa jasa dari perusahaan IT Security untuk melakukan penetration testing GPON sebagai backbone system gedung tersebut, mengingat office tower tersebut di huni oleh instansi pemerintahan serta perusahaan multinasional, dimana sistem telekomunikasi PABX rentan di bajak.

Bagaimana jika seorang intruder berhasil masuk ke jaringan gedung, sekedar iseng menguping pembicaraan seseorang dari telepon, mengintip CCTV untuk memantau kebiasaan security gedung lalu merencanakan aksi jahat di gedung tersebut?

atau ironis malah menyalakan annuciator sebagai fire alarm, dimana jika fire alarm bekerja, lift tidak berfungsi, sirine menyala, semua listrik off, di ganti oleh genset yang bekerja hanya untuk menjalankan mesin pompa untuk mengeluarkan air dari springkler? yang menyebabkan rusaknya instalasi interior gedung, membuat penghuni panik lalu keluar sehingga perekonomian beberapa perusahaan di office tower tersebut mandek beberapa jam?

Itu adalah contoh kecil dari aksi hacking terhadap sebuah sistem jaringan di sebuah gedung, bagaimana jika seorang jojon mampu melakukan aksi peretasan satelit,instalasi listrik,perbankan hingga nuklir? tentu ia semakin sulit di lacak oleh kepolisian.

Bagi jojon, defacement,pembajakan database,adalah hal yang mudah di lakukan namun bisa membuatnya bersenang-senang,berbeda bagi pemilik website yang mungkin di belahan dunia lain sedang mempromosikan websitenya untuk menggaet investor atau calon customer bagi dagangannya,aksi defacer ini malah menghancurkan masa depan seseorang.

Percayalah bray, kalian para web hacker,stop defacement,stop pencurian data,jika memang sudah berhasil owned sebuah web,cukup patch dan tanam backdoor saja jangan di rusak apalagi leaking data.

Percayalah bray,lebih nyaman tidur di rumah dari pada di penjara.

Percayalah bray,lebih baik bekerja sebagai praktisi IT Security melalui jalan yang benar di perusahaan yang memang bidangnya, dari pada berharap di hire setelah melakukan aksi hacking.

Dan Percayalah bray,hack your self before gain the access....

Add Comment