Viral!! Dubai di landa bencana , muadzin mengubah lafadz adzan

 

Viral!!  Dubai di landa bencana , muadzin mengubah lafadz adzan

Dalam sebuah video yang menjadi viral melalui akun tiktok @faiziiraja007, terdengar seorang muazin di Dubai yang mengubah lafal adzan "حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ" (hayya 'alasshalah) menjadi "صَلُّوا فِي رحالكُمْ" (shalu fi rihaalikum).

Penggantian tersebut memiliki makna "Sholatlah di tempat kalian berada (di rumah)", sebagai tanggapan terhadap hujan lebat yang menjadi alasan untuk tidak pergi ke masjid. Meskipun sholat di masjid dianggap sebagai sunnah muakkadah yang sangat dianjurkan bagi laki-laki, ada beberapa alasan yang memungkinkan seseorang untuk tidak pergi ke masjid, antara lain:

Sakit hingga tidak mampu pergi ke masjid.
Cuaca buruk, seperti hujan lebat atau bencana alam.
Oleh karena itu, penyesuaian adzan di Dubai tersebut menjadi "shalu fi rihaalikum".

Tetapi, apakah mengubah adzan seperti itu diperbolehkan?

Pada masa munculnya pandemi Covid-19 pada akhir 2019, umat Islam di Indonesia juga mengubah redaksi adzan untuk mengajak umat Islam sholat di rumah masing-masing. Tindakan ini diambil karena penyebaran Covid-19 yang sangat cepat dan berpotensi membahayakan nyawa manusia.

Dalam riwayat hadits Imam Muslim, Ibnu Umar RA mengakhiri seruan adzan dengan lafaz "صَلُّوا فِي رحالكُمْ" (shalu fi rihaalikum), karena dia pernah melihat Rasulullah SAW meminta muadzinnya melakukan hal serupa. Hadits tersebut menjelaskan:

"Telah menceritakan kepada kami Nafi’, dari Ibnu Umar, bahwa dia mengumandangkan adzan pada malam yang dingin, berangin, dan hujan. Di akhir adzan, dia menyerukan, 'Ala shallu fi rihalikum. Ala shallu fir rihal'. Lalu dia menceritakan bahwa Rasulullah pernah memerintahkan seorang muazin ketika malam berlalu dengan dingin atau hujan dalam perjalanan untuk menyeru 'ala shallu fi rihalikum.'"

Berdasarkan kedua hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa mengganti lafal "hayya 'alasshalah" menjadi "shalu fi rihaalikum", terutama dalam situasi bencana seperti hujan lebat dan badai, adalah boleh. Tindakan ini dilakukan untuk melindungi umat Islam dari bahaya, karena memang penting bagi umat Islam untuk menjaga keselamatan diri.

Berikut ini videonya :


@faiziiraja007 #dubai🇦🇪 👆Change in Azaan during difficult weather in uae today #staysafe #staysafeeveryone ♬ original sound - FaiziFA🙏👍

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel